jelaskan arti pentingnya demokrasi dalam kehidupan :

a . keluarga

b . sekolah

c . masyarakat

d . bangsa dan negara

1
Demokratis dalam Kehidupan Keluarga
Keluarga merupakan dasar terbentuknya kelompok masyarakat, bangsa dan negara maka perlu diwujudkan kehidupan yang demokratis.

a. Meningkatnya rasa tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga sebab pembagian tugas dan tanggung jawab melibatkan seluruh anggota keluarga.
b. Terhindarnya perselisihan antara anggota keluarga karena setiap ada permasalahan dapat diselesaikan melalui musyawarah.
c
b.Sekolah
Arti penting demokrasi dalam kehidupan Sekolah:
Persamaan hak untuk dipilih dan memilih
Pengawasan terhadap pengelolaan sekolah
Pergantian Pejabat publik sekolah.

Jawabanmu

2017-02-06T19:56:06+07:00
Keluarga

Dengan demokrasi setiap anggota keluarga berhak menyampaikan pendapatnya, tidak hanya perintah satu arah dari orang tua ke anak. Demokrasi memberi kesempatan untuk anak memberi pendapat terhadap orang tua atas suatu hal (tentunya dengan sikap hormat). Dengan demikian setiap anggota keluarga merasa dihargai dan menumbuhkan kerukunan.

Sekolah

Demokrasi memberi kesempatan kepada setiap orang untuk menjadi pemimpin. Contoh: pemilihan pengurus kelas dengan demokrasi akan menghasilkan anggota pengurus yang bertanggung jawab karena langsung dipilih oleh anggota kelas.

Masyarakat

Setiap anggota masyarakat memiliki kedudukan yang sama di mata hukum. Demokrasi menciptakan kerukunan antar masyarakat karena tidak ada pihak yang dominan/otoriter.

Negara

Demokrasi menghasilkan pemimpin negara yang dipilih langsung oleh rakyat. Dengan demikian diharapkan para pemimpin tersebut dapat menyampaikan aspirasi rakyat dan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi/golongan.


5 2 5