Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-17T14:45:13+07:00
Hujan Orografik (Orographic Storms) 

Jenis hujan yang umum terjadi di daerah pegunungan yaitu ketika massa udara 
bergerak ke tempat yang lebih tinggi mengikuti bentang lahan pegunungan sampai 
saatnya terjadi proses kondensasi. 

Ketika massa udara melewati daerah bergunung pada daerah dimana angin 
berhembus (windward side) terjadi hujan orografik. 

Pada lereng dimana gerakan massa udara tidak atau kurang berarti (leeward side), 
udara yang turun akan mengalami pemanasan dengan sifat kering. Daerah ini disebut 
daerah bayangan, hujan yang turun disebut hujan di daerah bayangan 
(jumlah hujan lebih kecil) 

Hujan orografik dianggap sebagai pemasok airtanah, danau, bendungan karena 
berlangsung di hulu DAS.
2014-04-17T14:46:14+07:00
Hujun orografis terjadi karena Udara yang mengandung uapair bergerak naik ke atas pegunungan.Akibat adanyapenurunan suhu,udara tersebut terkondensasi danturunlah hujan pada lereng yang berhadapan denganarah datangnya angin