Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-17T14:38:58+07:00
Prasasti Munjul terdapat di kecamatan Munjul kabupaten Pandeglang pada daerah aliran sungai Cidanghyang. Prasasti berisi dua baris huruf Palla seperti huruf pada prasasti Tugu yang terdapat di Jakarta dan menggunakan bahasa Sansekerta, pertamakali di temukan pada tahun 1947, dan pada tahun 1950 De Casparis bersama mahasiwanya yang bernama Boechari berhasil membaca batu bertulis ini yang bernyanyi : “Wikranto ‘yam anipateh prabhun setyapara (k) ra (mah) narendraddhwajabhutena srimatah purnawarmannahâ€. Terjemahannya yakni â€œInilah tanda keperwiraan , keagungan dan keberanian yang  sesungguh-sungguhnya dari raja dunia yang mulia Purnawaman yang menjadi panji sekalian raja. Prasati ini merupakan salah satu bukti tertulis bahwa Banten telah memasuki masa sejarah pada sekitar abad ke 6 Masehi dan merupakan bagian dari kerajaan Taruma yang berkedudukan di daerah Bogor.
2014-04-17T14:51:25+07:00
Prasasti Munjul adalah prasasti peninggalan kerajaan Tarumanagara. Ditemukan pd thn 1947 di DAS Cidanghiyang, desa Lebak, kecamatan Munjul, kabupaten Pandeglang, Banten. Dibuat oleh rakyat Tarumanagara, berisi 2 baris puisi dgn huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta, yang mengagungkan keberanian Raja Purnawarman.