Jawabanmu

2014-04-17T13:16:53+07:00
Kerajaan Islam di Sumatera 

~Kerajaan Islam Samudera Pasai 

Kerajaan Islam Sumadera Pasai adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kemunculannya sebagaikerajaan Islam diperkirakan sekitar awal atau pertengahan abad ke-13 M sebagai hasil proses Islamisasi di daerah-daerah pantai yang pernah disinggahi para pedagang Muslim sejak abad ke-7 M dan seterusnya. Raja pertamanya adalah Malik Al-Saleh.

Dalam Hikayat raja-raja Pasai disebutkan gelar Malik Al-Saleh sebelum menjadi raja adalah Merah Sile atau Merah Selu. Ia masuk Islam berkat pertemuannya dengan Syekh Ismail, seorang utusan Syarif Mekah yang kemudian memberinya gelar Sultan Malik Al-Saleh.

Kerajaan Islam Samudera Pasai berlangsung sampai pada tahun 1524M. pada tahun 1521 M kerajaan ini ditaklukan oleh Portugis yang mendudukinya selama tiga tahun, kemudian tahun 1524 M disebut olehkerajaan Aceh, dibawah pimpinannya rajanya yaitu Ali Mughayat Syah.



Kerajaan islam di Jawa

~
Kerajaan Islam Aceh Darussalam

Kerajaan Islam Aceh Darussalam berdiri pada abad ke-15 M. Pendirinya adalah Ali Mughayat Syah. Ia meluaskan wilayahnya ke daerah pidie yang bekerjasama dengan Portugis yang kemudian menaklukan kerajaan Islam Samudera Pasai tahun 1524M

Peletak dasar kebesaran Kerajaan Islam Aceh Darussalam ialah Sultan Alauddin Riayat Syah yang bergelar Al-Aqahar. Dalam menghadapi tentara Portugis, ia bekerjasama dengan Kerajaan Turki Usmani dan negara-negara Islam lainnya di Indonesia.Puncak kekuasaan Kerajaan Aceh Darussalam terjadi pada pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1608-1637M).
2014-04-17T13:44:13+07:00
Perkembangan ilmu dan budaya indonesia dapat dikenal masyarakat luas
adanya dakwah menimbulkan ajaran-ajaran agama di indonesia