Jawabanmu

2014-04-17T12:23:42+07:00
Sebagai tempat bertemunya pedagang dari Persia,Arab, dan India
Jawaban paling cerdas!
2014-04-17T12:25:16+07:00
Pasai Dalam Jaringan Perdagangan Internasional
Keterlibatan Pasai dengan jaringan perdagangan internasional, tidak terlepas dari letak kerajaan Samudra Pasai yang strategis untuk menjadi salah satu peserta dalam jaringan perdagangan internasional. Malaka sebagai pusat perdagangan internasional, sudah dimulai sejak awal abad Masehi. Sejak masa prasejarah Semenanjung Melayu telah mempunyai kedudukan penting dalam adanya jaringan perdagangan dengan menjadi jalur lalu lintas perdagangan internasional. Itu semua tidak terlepas dari letak geografis yang dimiliki oleh Semenanjung Melayu.Pelayaran oramg-orang Arab dan India sudah berlangsung sebelum berkembangnya agama Islam. Pada tahun 114 pelayaran pelayaran Arab berhasil ke India, meskipun dalam perjalanan pulangnya mereka dihantam badai besar di pantai Afrika.( Gade Ismail, M.1997:16)
Menurut Ibnu Battutah Samudra Pasai mempunyai armada dagang yang kuat.
Faktor yang mendorong berkembangnya samudra pasai:
1. Letaknya yang strategis
2. Melemahnya kerajaan Sriwijaya
3. Kekayaan alam yang melimpah
Kalau membantu jadikan yg terbaik yah :)
iya , terima kasih jawaban mu ^_^
Oke xD