Jawabanmu

2014-04-16T22:35:24+07:00
Pada abad ke 8 di pedalaman Jawa Tengah disebutkan berdiri sebuah Kerajaan Mataram Hindu. Pendirinya adalah Raja Sanjaya. Munculnya Kerajaan Mataram ini diterangkan didalam Carita Parahyangan. 

Kisahnya adalah dahulu ada sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama Galuh. Rajanya bernama Sanna (Sena). Pada Suatu ketika, ia diserang oleh saudaranya yang menghendaki takhta. Raja Sanna meninggal dalam peristiwa tersebut, sementara saudara perempuannya, Sannaha, bersama keluarga raja yang lainnya berhasil melarikan diri ke lereng Gunung Merapi. 

Anak Sannaha, yang bernama Sanjaya, di kemudian hari mendirikan Kerajaan Mataram dengan ibu kota Medang ri Poh Pitu, yaitu tepatnya pada tahun 717M.
2014-04-16T23:05:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Proses berdirinya:

Mataram tumbuh dari Benih berupa sebidang Tanah hutan Mentaok, Anugrah yang diterima Ki Ageng Pemanahan dari yang dipertuan di Pajang atas jasanya dalam menumpas pemberontakan Adipati Jipang.
 
Ki Ageng Pemanahan harus berkerja keras membuka Hutan Mentaok yang Tak Perpenghuni tersebut menjadikannya kota yang tertata. Sepanjang perempat akhir Abad XVI pemukiman Kecil dibekas hutan Mentaok itu pun Tumbuh dan Berkembang menjadi Pusat Kekuasan Baru ,Yang Kemudian Diberi Nama Mataram.

Pusat kotanya, Sekaligus sebagai pusat pemerintahan ini diberi nama KOTAGEDE, Yang dibangun tidak lebih dari tahun 1578, bahkan mungkin sebelumnya. Ki Ageng Pemanahan kemudian menjadi penguasa wilayah,yang pada waktu itu masih dibawah kekuasan Kerajan Pajang,kerajan islam dipedalaman Jawa Tengah yang menjadi Penerus Kerajaan Demak dipesisir Utara. Sebagai Penguasa kurang lebih selama tujuh tahun hinga tahun 1584, Ki Ageng Pemanahan kemudian Menyebut dirinya KI Ageng Mataram. Yang Kemudian Berkembang menjadi sebuah kerajaan yang pada akhirnya menggunguli Pajang ,adalah Cikal Bakal sejumlah kerajan Besar di Jawa yang penerusnya hingga sekarang, Yaitu Kasultanan Yogyakarta dan Kasunana Surakarta.

semoga membantu :)
1 5 1