Suatu cuplikan seberat 15gr terdiri dari Cu dan Zn. Cuplikan tersebut direaksikan dengan HCl. ternyata menghasilkan gas sebanyak 5 L jika diukur pada kondisi dimana 11,2 gr Nitrogen bervolume 10 L. tentukan massa Cu dan Zn masing-masing dalam cuplikan tersebut?

2
gak ada Ar nya ta?
yang dicari Ar nya
Ar ambil dari sistep periodik yang dicari itu bukan Ar bayteway, melainkan perbandingan Cu dan Zn
iya, yang dicari massanya kayaknya

Jawabanmu

2014-04-16T21:22:53+07:00
HCL + CU + ZN

Zn(s)+2HCI(aq)---->ZnCI2(aq)+H2(g) 

perlu dicatata Cu g beraksi pada HCl karena kurang reaktif sehingga persamaan menjadi diatas

gas H2 adalah 5 liter gas
beraa mol gas H2 ?
anda cari dari berapa mol gas Nitrogen ketika volume 10 liter dan beratnya 1.12

dicari melalui PV = nRT
5 liter/ mol hidrogen = 10 liter / 1.12 / 14(ar nitrogen)

setelah dapat mol hidrogen maka mol ZN =  mol hidrogen tersebut. dari situ anda ketahui masa Zn nya

dan massa CU =  15gr - massa Zn


Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T21:32:03+07:00
suatu cuplikan seberat 15gr terdiri dari Cu dan Zn. Cuplikan tersebut direaksikan dengan HCl. ternyata menghasilkan gas sebanyak 5 L jika diukur pada kondisi dimana 11,2 gr Nitrogen bervolume 10 L. tentukan massa Cu dan Zn masing-masing dalam cuplikan tersebut?
Ar Zn = 65,4   Cu = 63,5
saya copas pertanyaan kamu biar gampanng jawabnya :)

kita misalkan massa
Cu = x 
Zn = 15 - x
maka 
mol Cu = x/65,4 
mol Zn = (15-x)/63,5
buat reaksinya
Cu  +   HCl ----> tidak bereaksi karena Cu dalam deret volta berada di kanan atom H
karena reaksi pertama tidak bereaksi kita misalkan mol Zn = y
Zn  +   2HCl   ----->    ZnCl2    + H2
y            2y                 y            y

kita cari mol hidrogen terlebih dahulu, karena disitu ada kata - kata "pada kondisi yang sama", kita gunakan rumus avogadro 
n1/n2 = V1/V2

gas 5L yang dihasilkan adalah gas hidrogen,
mol H2 = dicari
Vol H2 = 5 L

mol N2 = 11,2/28 = 0,4 mol
Vol N2 = 10 L

n1/0,4 = 5/10
n1 = 0,2 mol


mol pada reaksi Zn +  HCl, mol hidrogen = y
maka y = 0,2 mol

dari situ kita bisa tahu mol Zn, dengan menggunakan perbandingan mol = perbandingan koefisien,
Zn + 2HCl  --->   ZnCl2 + H2
0,2    0,4           0,2        0,2

mol Zn = (15-x)/63,5
0,2 = (15-x) /63,5
12,7 = 15 - x
x = 2,3 gram



maka 
massa Zn = 15 - 2,3 = 12,7 gram
massa Cu = 2,3 gram



semoga bisa membantu :)
beri label terbaik ya :D
selamat belajar :)

1 5 1