Jawabanmu

  • vanz
  • Gemar Membantu
2014-04-16T20:47:53+07:00
Kalo pyrometer optik itu pake prinsip radiasi jadi kalau ada suatu benda yang dipanaskan benda tersebut akan memancarkan radiasi dalam panjang gelombang tertentu lalu didalam pyrometer optik terdapat filament tungstun yang akan memanas sampai mengeluarkan radiasi yang sesuai dengan objek yang diamati alat ukur ini sangat cocok untuk mengamati benda dengan tingkat suhu yang tinggi 

kalau termometer termokopel itu adalah termometer yang mengubah perubahan suhu menjadi sinyal elektrik yang selanjutnya akan dikalibrasi dan dimunculkan dalam satuan suhu tertentu
2 1 2
2014-04-16T21:01:16+07:00
Prinsip kerja termokopel secara sederhana berupa dua buah kabel dari jenis logam yang berbeda ujungnya, hanya ujungnya saja, disatukan (dilas). Titik penyatuan ini disebut hot junction. Prinsip kerjanya memanfaatkan karakteristik hubungan antara tegangan (volt) dengan temperatur. Setiap jenis logam, pada temperatur tertentu memiliki tegangan tertentu pula. Pada temperatur yang sama, logam A memiliki tegangan yang berbeda dengan logam B, terjadilah perbedaan tegangan (kecil sekali, miliVolt) yang dapat dideteksi.
Prinsip kerja pyrometer
adalah bekerja dengan mengukur intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda yang sangat panas Intensitas radiasi yang dipancarkan oleh benda yang sangat panas dapat digunakan untuk menunjukkan suhu.
Keuntungan termokopel terletak pada kecepatan mencapai keseimbangan suhu dengan sistem yang akan diukur. Keuntungan pyrometer adlh dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat tinggi (kira-kira 500 0C – 3.000 0C yang dapat membakar termometer jenis lainnya.
Ma'af yah aq gak tau kerugiannya >>