1. Larutan dan lelehan dari zat elektrolit dapat menghantarkan arus listrik, tetapi kristal dari zat elektrolit tidak dapat menghantarkan listrik. Mengapa begitu?

2. Larutan HCl dapat menghantarkan arus listrik, tetapi lelehan HCl dan HCl dalam benzena tidak dapat menghantarkan listrik. Mengapa demikian?

2

Jawabanmu

2014-01-20T22:46:58+07:00
Karena di dalam kristal tidak terdapat ion-ion yang bergerak bebas.
1 4 1
2014-01-20T23:19:14+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Zat elektrolit itu zat yang bisa terionisasi / mengion. dengan besar "derajat ionisasi" (istilah kerennya) 0< α (alfa) < 1. nah larutan yang seperti ini bisa menghantarkan listrik dalam bentuk larutan ataupun lelehan. larutan elektrolit kuat kadang" disebut juga larutan ionik.

oke, terus kenapa HCl bisa nganterin listrik cuman dalem fase cair?
jadi, HCl ini termasuk larutan yang punya ikatan kovalen ( non logam sama non logam),spesifiknya kovalen polar. (α (alfa) kurang dari 1 atau tidak mengion sempurna).
1. nah larutan polar emang bisanya cuman nganterin listrik dalam bentuk cair (larutan) dan kagak bisa menghantarkan listrik dan nggak bisa dalam bentuk lelehan atau kristal.
2. kalo kovalen non polar, dia sama sekali nggak bisa nganterin listrik entah dalam bentuk larutan ataupun lelehan (kristal)
FYI : HCl termasuk sen

kalo yang pertanyaan kedua, gw kagak bisa jawab secara pasti. cuman "mungkin" karena benzen itu termasuk senyawa organik. jadi semisal zat elit biasa di larutin dalam larutan organik kemampuan dia mengion jadi kurang atau ilang sama sekali. (mungkin lho ya).

kalo masih bingung pm aja
3 3 3