Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T19:38:17+07:00
X=pulpen, y=pensil
5x + 4y = 30000 |x2| 10x + 8y = 60000 -      
2x + 6y = 23000 |x5| 10x + 30y = 115000
22y = 55000. y=2500. pensil=2500
jadi, x=4000. pulpen=4000
3x + 2y = 12000 + 5000 = 17000
3 3 3
2014-04-16T19:51:30+07:00
Jika pulpen=x dan pensil y maka
5x + 4y = 30.000  dikali 2    10x + 8y = 60.000
2x + 6y = 23.000  dikali 5    10x + 30y = 115.000        dieliminasi menjadi

-22y = - 55000
     y= 55000/22 = 2500

2x + 6y = 23.000
2x + 6(2500) = 23.000
2x + 15.000 = 23.000
           2x = 8000
             x= 4000
sehingga harga 3 pulpen dan 2 pensil adalah
3(4000) + 2(2500) = 12000 + 5000 = 17.000

jadi yang harus di bayar tika adalah Rp 17.000,-

dicek lg ya..