Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T17:52:42+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :

Bagaimana pemuaian dapat terjadi

Jawab :

Jika sebuah benda dipanasi, maka partikel-partikelnya akan bergetar lebih kuat, cepat dan bebas sehingga diperlukan ruang lebih, maka terjadilah pemuaian.

Sebaliknya, jika benda didinginkan, getaran-getaran partikel lebih lemah dan partikel-partikel tersebut menjadi saling mendekat satu sama lain sehingga benda menyusut.


2014-04-16T17:53:14+07:00
Pemuaian terjadi ketika zat dipanaskan (menerima kalor), partikel-partikel zat bergetar lebihcepat sehingga saling menjauh dan benda memuai. Sebaliknya, ketika zat didinginkan(melepas kalor) partikel-partikel zat bergetar lebih lemah sehingga saling mendekati danbenda menyusut.Muai panjang berbagai zat padat diselidiki dengan alat.