Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T17:10:34+07:00
kelebihan raksa sebagai bahan pengisi thermometer antara lain:
1. Raksa dapat menyerap / mengambil panas dari suhu sesuatu yang diukur.
2. Raksa memiliki sifat yang tidak membasahi medium kaca pada termometer.
3. Raksa dapat dilihat dengan mudah karena warnanya yang mengkilat.
4. Raksa memiliki sifat pemuaian / memuai yang teratur dari temperatur ke temperatur.
5. Raksa memiliki titik beku dan titik didih yang rentangnya jauh, sehingga cocok untuk mengukur suhu tinggi.

kekuranngan raksa sebagai bahan pengisi thermometer antara lain:
1. Titik bekunya tinggi sehingga tidak cocok untuk mengukur suhu di daerah dingin
2. Raksa merupakan zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan
3. Raksa harganya mahal

Kelebihan alkohol sebagai bahan pengisi thermometer antara lain :
1. Alkohol dapat digunakan untuk mengukur suhu yang sangat rendah, sampai -1140 C.
2. Alkohol lebih murah jika dibandingkan dengan raksa
3. Alkohol lebih cepat mengalami pemuaian meskipun kenaikan suhunya kecil sehingga lebih akurat. 

Kekurangan alkohol sebagai bahan pengisi thermometer antara lain :
1. Pemuaiannya tidak teratur
2. Tidak berwarna sehingga sulit dilihat (harus diwarnai)
3. Membasahi dinding kaca4. Tidak bisa digunakan untuk mengukur suhu benda yang tinggi, sebab pada suhu 780 C alkohol sudah mendidih
1 5 1
2014-04-16T17:14:10+07:00
Kelebihan Raksa  · Warnanya mengkilap,sehingga mudah dilihat ·Tidak membasahi dinding thermometer ·Mudah menyesuaikan dengan suhu sekitarnya ·Titik dindingnya tinggi sehingga baik untuk mengukur suhu tinggi

Kelemahan Alkohol
· Membasahi dinding thermometer

1 1 1