Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T11:03:46+07:00
1. Komposisi
Komposisi adalah cara mengatur atau mengorganisasikan unsur-unsur gambar sedemikian rupa sehingga secara keseluruhan gambar tesebut terlihat harmonis(Sachari, 62:2007). Dalam karya seni rupa menunjukkan keterpaduan berbagai unsur (fisik dan non fisik) dengan karakter yang berbeda dalam sebuah karya. Unsur yang berpadu dan saling mangisi akan mendukung terwujudnya karya seni yang mengandung nilai estetis. Prinsip komposisi ini sering pula ditunjukkan dengan penataan berbagai objek yang terdapat dalam sebuah karya seni.





2. Keseimbangan(Balance)
Keseimbangan adalah cara mengatur objek gambar secara serasi dalam bidang gambar, sehingga objek gambar utama terlihat jelas.





3. Proporsi Atau Perbandingan
Proporsi adalah upaya pengaturan yang berkenaan dengan ukuran antara bagian satu dengan bagian lainnya. Besar kecil, luas, sempit, panjang pendek, atau tinggi rendah adalah persoaalan Proporsi. Dalam Seni Rupa prinsip proporsi ini digunakan untuk mempertimbangkan perbandingan bidang kertas atau kanvas dengan objek yang digambar atau di lukis. Prinsip perbandingan lebih menekankan pada varisasi atau keragaman ukuran unsur yang satu dengan unsur yang lain dalam satu kesatuan yang utuh.


4. Dinamika Dan Irama
Irama adalah kesan bergerak sebuah garis, warna, atau bentuk baik secara berulang maupun dinamis, sehingga secara keseluruhan tidak monoton(Sachari, 63:2007). Bentuk yang berirama dapat dimengerti sebagai bentuk yang dinamis.

5. Centre of Interst(Pusat Perhatian)
Centre of interest disebut juga prinsip dominasi, atau pusat perhatian, atau klimak. Tujuanya adalah upaya penampilan pada bagian tertentu dari karya seni rupa yang menarik perhatian dengan cara pengaturan posisi, perbedaan ukuran, perbedaan warna, atau unsur lain, dan pengaturan arah unsur-unsur.


6. Kesatuan (Unity)
Prinsip Kesatuan(Unity) dapat tercapai apabila terpenuhi prinsip keseimbangan, irama, penekanan, proporsi, dan keselarasan. Teori-teori Psikologi Gestalt tentang kedekatan, ketertutupan dan kesamaan dapat membantu terpenuhinya prinsip kesatuan dalam karya seni rupa.



7. Keselarasan
Prinsip Keselarasan lazim disebut dengan prinsip harmoni atau keserasian adalah timbul dengan adanya kesamaan, kesesuaian, dan tidak adanya pertentangan. Dalam Seni Rupa prinsip Keselarasan dapat dibuat dengan cara menata unsur-unsur yang mungkin sama, sesuai dan tidak ada yang berbeda secara mencolok.
4 4 4
2014-04-16T12:58:21+07:00
ASAS MENGGAMBAR EKSPRESIF
Komposisi Gambar Ekspresif : cara mengatur atau mengorganisasikan unsur-unsur gambar sedemikian rupa sehingga secara keseluruhan gambar tersebut terlihat harmonis.Keseimbangan Gambar Ekspresif : cara mengatur objek gambar secara serasi dalam bidang gambar, sehingga objek gambar utama terlihat jelas. Keseimbangan terdiri dari keseimbangan simetris dan asimetris.Proporsi Gambar Ekspresif : asas kesebandingan atau kepatutan bentuk. Kewajaran visual yang dapat diterima oleh logika.Dinamika dan irama Gambar Ekspresif : kesan bergerak sebuah garis, warna, atau bentuk baik secara berulang maupun dinamis sehingga secara keseluruhan tidak monoton.
2 3 2