Jenis jenis perairan, berddasarkan tempatnya air dibedakan menjadi salah satunya air bawah permukaan. dan air bawah permukaan dibagi dalam beberapa wilayah seperti wilayah kapiler, funikuler, pendakuler.
jelaskan yang dimaksud dengan wilayah kapiler, wilayah funikuler, wilayah pendakuler

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T10:17:29+07:00
Wilayah kapiler air merupakan peralihan antara wilayah terpengaruh udara dengan wilayah jenuh air. Air tanahnya diperoleh dari proses kapilarisasi (perambatan kie arah atas).

Air penduler - dalam sudut-sudut Air funikuler – sebagai selaput Air kapiler

2 5 2
2014-04-16T10:20:13+07:00
- Wilayah yang masih dipengaruhi oleh udara luar Pada bagian atas wilayah ini terdapat lapisan tanah yang mengandung air, yang dimanfaatkan oleh tanaman. Bila lapisan/zona ini telah jenuh maka disebut “tanah jenuh air” (field capacity). Karena adanya gaya berat, maka air di zona ini akan bergerak turun. Air yang bergerak bebas karena gravitasi lini disebut “air bebas”, yang satuannya dinyatakan dalam prosen terhadap volume tanah. Air tanah yang tidak bebas akan ditahan oleh butir-butir batuan. Jumlah air yang ditahan oleh butir-butir batuan ktersebut juga dinyatakan dengan prosen terhadap volume tanah dan disebut “kemampuan menahan air” (holding capacity). - Wilayah jenuh air Wilayah jenuh air mengacu kedapa kedalaman muka air tanah, yang dapat diamati dari beberapa sumur. Kedalaman wilayah jenuh air sangat ditentukan oleh kondisi topografi dan jenis batuannya. - Wilayah kapiler air Wilayah kapiler air merupakan peralihan antara wilayah terpengaruh udara dengan wilayah jenuh air. Air tanahnya diperoleh dari proses kapilarisasi (perambatan kie arah atas). - Wilayah air dalam Wilayah ini terdapat di dalam batuan, dan biasanya terletak di antara dua lapisan kedap air.