Nadiarsk : Insyaallah bisa\
Angel1 : iya terserah , tp kalo bisa yg tentang demokrasi
mutiaraa : tolong dong bantuin :) makasi
teks eksposisinya tentang apa dulu??
tesa: tentang demokrasi

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T13:21:42+07:00
PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER

Karakter adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, dan Negara. Individu yang berkarakter baik adalah individu yang bisa membuat keputusan dan siap mempertanggungjawabkan tiap akibat dari keputusan yang ia buat. Oleh karena itu, pendidikan karakter pada usia dini sangatlah penting.
Wyne mengungkapkan bahwa kata karakter berasal dari bahasa Yunani “karasso” yang berarti “to mark” yaitu menandai atau mengukir, yang memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai kebaikan dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Oleh sebab itu seseorang yang berperilaku tidak jujur, kejam atau rakus dikatakan sebagai orang yang berkarakter jelek, sementara orang yang berperilaku jujur, suka menolong dikatakan sebagai orang yang berkarakter mulia. Jadi istilah karakter erat kaitannya dengan personality (kepribadian) seseorang. Pendidikan karakter sangat berguna untuk membentuk individu-individu yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu/berkeahlian, jujur, disiplin, demokratis, adil, bertanggung jawab, cinta tanah air, orientasi pada keunggulan, gotong-royong, sehat, mandiri, kreatif, menghargai dan bertutur kata yang baik. Unsur terpenting dalam pembentukan karakter adalah pikiran. karena didalam pikiran terdapat seluruh program yang terbentuk dari pengalaman hidup yang merupakan pelopor segalanya. Program ini kemudian membentuk sistem kepercayaan yang akhirnya dapat membentuk pola berpikir yang bisa mempengaruhi perilakunya. Orang yang tidak mendapat pendidikan karakter dengan baik cenderung akan bersifat kurang baik. Sebaliknya, Orang yang mendapat pendidikan karakter dengan  baik akan berperilaku baik.
Dengan demikian, Pendidikan karakter usia dini menjadi dasar terbentuknya sikap dan perilaku ketika Dewasa. Pendidikan karakter yang kurang baik akan membentuk pribadi yang bersifat kurang baik. Pendidikan karakter yang baik akan membentuk pribadi yang Mandiri, Bertanggung jawab, dan Berani mengambil Resiko atas suatu yang akan diperjuangkannya. Serta membentuk Mental dan Spiritual dengan kepercayaan Diri (percaya diri).

1 5 1