Sebanyak 30 gram besi direaksikan dengan 16 gram belerang menurut reaksi :
Fe + S --> FeS (Ar Fe=56, S=32)
a. Zat manakah yang sebagai pereaksi pembatas ?
b. Berapakah gram FeS yang terbentuk?
c. Berapa gram zat yang tersisa?

2

Jawabanmu

2014-04-16T09:49:31+07:00
A. yg menjadi pembatas itu Fe karena mol Fe lebih besar dibanding S 
mol Fe = 30/56=0,53
mol S = 16/32 = 0,5
b. FeS
mol nya 0,5 (pakai ke-setaraan)
massa = mol x Mr = 0,5 x 88 = 44 gram
c. ini maksudnya zat apa? kalo garamnya berarti ya yg FeS itu
Jawaban paling cerdas!
2014-04-16T09:55:40+07:00
Fe + S --> FeS

30 gram (Fe)
16 gram (S)
(Ar Fe=56, S=32)


jawab:

mol Fe : gram/Ar
mol Fe : 30 gram / 56
mol Fe : 0,56

mol S : gram/Ar
mol S : 16 gram/32
mol S : 05

               Fe + S --> FeS
mula2    0,56    0,5
reaksi    0,5      0,5    0,5
hasil      0,06      0       0

a. pereaksi pembatas : S

b. gram FeS : mol x Mr
    gram FeS : 0,5 x 88
    gram FeS : 44 gram

c. gram yang tersisa : 46 - 44
    gram yang tersisa : 2 gram


semoga membantu ya
dan jangan lupa jadikan jawaban terbaik ya, terimakasih ^^

1 5 1