Ada yg tau nggak ini gimana cara ngerjainnya? Persilangan antara tanaman bunga pukul empat warna merah dan putih menghasilkan tanaman F1 berbunga merah jambu. Jika F1 disilangkan dengan sedamanya menghasilkan F2 sebanyak 32 tanaman. Kemungkinan dihasilkan bunga merah? Tolong penjelasannya yaa

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-15T19:13:32+07:00
Mirabilis jalapa ya? Sepertinya ada penyimpangan hk mendell nya, yaitu sifat intermediate. Berarti untuk nyari merah genotipnya MM.
F1 X F1
Mm X Mm
Dikali silang pakai tabel persilangan (gak usah juga gk apa2, soalnya cuma sedikit)
F2 yang dihasilkan yaitu satu MM, dua Mm, dan satu mm (perbandingan genotip MM : Mm : mm yaitu 1 :2 : 1)
Terdapat 32 tanaman F2, jumlah warna merah (MM) berarti;
1/(1+2+1) * 32 tanaman
=1/4 * 32
=8 tanaman berbunga merah..
jadi fenotip dari merah muda itu Mm ya?
yes
okee terimakasih
2014-04-15T19:19:07+07:00
F1 X F1 
M1 X M1      caranya begitu