Rini menyiapkan air hangat untuk mandi adik kecilnya.rini mengambil 4 kg air dingin bersuhu 25 derajat c ke dlm bak mandi adiknya.lalu rini mencampurkan air panas bersuhu 85 derajat dr termos.air suhu air hangat menjadi 35 derajat c,massa air panas yg harus ditambah sebesar...kg

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-15T09:52:54+07:00
Pakai Rumus Q = m.c.ΔT
karena ada 2 benda disni yang memiliki perubahan kalor yang sama, maka :
Q₁   =   Q₂
Dik:
massa air dingin (m₁) = 4 kg                            massa air panas = ?
ΔT air dingin(ΔT₁) = (35-25)°C = 10°C               ΔT air dingin (ΔT₂) = (85-35)°C = 50°C
kalor jenis air (C₁ = C₂) = 4200 J/Kg°C

Q₁   =   Q₂
m₁ . c₁ . ΔT₁   =   m₂ . c₂ . ΔT₂  ==> karena C sama bisa dicoret
m₁  .  ΔT₁     =     m₂  .  ΔT₂
4 kg . 10°C     =     m₂ . 50°C
m₂ =  \frac{4\,kg\,.\,10^oC}{50^oC} = 0,8 Kg air panas

Semoga Membantu!!!
Jadikan Terbaik ya...

terima kasih telah membantu
ini sangat membantu :)
2014-04-15T19:37:01+07:00