Jawabanmu

2014-04-14T22:29:20+07:00
Misal:
1. suksesi yg berlangsung pada danau yg mengalami kerusakan diawali dgn tumbuhnya pioner sperti fitoplankton, alga
2.tumbuhnya tumbuhan yg hidup melayang diatas air misalnya eceng gondok
3.semakin bnyk eceng gondok, maka tumbuhan didasar air menjadi mati
4.semakin bnyk tmbuhan yg hidup dipermukaan menyebbkan danau mjd dangkal
5.tmbuhan air byk yg mati karena danau tlh kering
6.stlah itu danau mjd rata dgn tanah yg dipenihu oleh tmbhan darat shingga mmbntuk komunitas klimak
Jawaban paling cerdas!
2014-04-14T22:29:50+07:00
Suksesi primer terjadi jika suatu komunitas mendapat gangguan. Gangguan ini mengakibatkan hilangnya komunitas asal tersebut secara total sehingga di tempat komunitas asal terbentuk habitat baru. Gangguan ini dapat terjadi baik secara alami maupun karena campur tangan manusia.Gangguan secara alami misalnya tanah longsor, letusan gunung berapi, endapan lumpur yang baru di muara sungai, dan endapan pasir di pantai. Gangguan karena perbuatan manusia misalnya penambangan timah, batu bara, dan minyak bumi.

Suksesi sekunder terjadi jika suatu komunitas mendapat gangguan tetapi hanya mengakibatkan rusaknya sebagian komunitas. Gangguan tersebut dibedakan menjadi dua sebagai berikut
1) Gangguan alami dapat berupa banjir, gelombang tsunami, dan angin kencang.
2) Gangguan oleh campur tangan manusia dapat berupa penebangan hutan dan pembukaan lahan dengan membakar hutan.



1 5 1