Jawabanmu

2014-04-14T21:06:02+07:00
Menelusuri Peradaban Awal Di Indonesia

1. Bagaimana keterkaitan antara ras Deutro dan Protomelayu dengan nenek moyang bangsa Indonesia?
Berdasarkan pendapat dari Kern, bahwa nenek-moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Champa di Vietnam Utara (Tonkin), Kamboja dan Kochin Cina (indocina). Namun sebelum mereka tiba di kepulauan Indonesia, di Indonesia sendiri telah ada bangsa yang lebih duluan berdiam. Bangsa tersebut berkulit hitam dan berambut keriting (ras Negrito). Hingga sekarang bangsa tersebut mendiami Indonesia bagian timur pedalaman dan sebagian Australia. Jadi, sebetulnya bangsa berkulit hitam ini merupakan penduduk asli Indonesia.
Sementara itu pada tahun 1.500 Sebelum masehi, bangsa dari Campa terdesak oleh bangsa lain yang lebih kuat yang datang dari Asia Tengah (bangsa Mongol). bangsa yang terdesak ini lalu bermigrasi ke kamboja dan meneruskannya ke Semenanjung malaka. Dari malaka, mereka melanjutkan pelariannya ke daerah Sumatera, kalimantan, Jawa, Filipina. Yang di Filifina lalu melanjutkan perjalannya ke sulawesi dan maluku.
Selanjutnya, mereka yang mendiami wilayah Indonesia membentuk komunitas masing-masing. Mereka berkembang menjadi suku-suku tersendiri, Seperti Aceh, Batak, Padang, palembang di Sumatera; Sunda, dan Jawa di pulau jawa; Dayak di kalimantan; Minahasa, Bugis, makassar, Toraja, mandar di Sulawesi; Ambon di maluku. Sedangkan mereka yang bercampur dengan bangsa asli yang berkulit hitam berkembang menjadi suku-suku tersendiri, seperti di Flores.
Selain teori diatas, ada pendapat yang mengatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia adalah orang-orang Melayu. Bangsa Melayu ini telah mendiami Indonesia bagian barat dan semenanjung melayu (Malaysia) sejak dulu. Para ahli membagi 2 bangsa melayu ini: Proto melayu atau melayu tua dan Deutro melayu atau Melayu Muda.



2.  Jelaskan mengapa zaman tembaga tidak terjadi di Indonesia!      Zaman Tembaga merupakan salah satu periode dari zaman logam. Zaman ini    mempunyai ciri, yakni penggunaan tembaga sebagai bahan pembuatan alat-alat    kehidupan masyarakat.
Dari penelusuran para ahli, diketahui bahwa alat-alat dari tembaga ini tidak ditemukan di wilyah asia tenggara, tetapi di wilayah-wilayah benua lain. Dengan demikian, disimpulkan bahwa zaman tembaga tidak terjadi di Indonesia.
Adapun wilayah Indonesia hanya mengenal zaman perunggu dan zaman besi, sedangkan zaman tembaga tidak. Zaman tembaga hanya berkembang di Semamenanjung Malaka, Kamboja, Thailand dan Vietnam

itu aja yang ada di LKS saya
semoga bermanfaat


thanks ya
tapi yg dicari peradaban bangsa indonesia dalam beberapa bidang aspek kehidupan. mis:dlm bidang teknologi,kepercayaan dll