Robert berangkat kesekolah mengendarai sepeda. Jarak sekolah dari rumahnya 12 km. Robert berangkat dengan kecepatan awal sepeda bergerak 7 km/jm. Karena Robert semakin lelah, kecepatan sepedanya mengalami perlambatan 2 km/jm. Berapa lama waktu yang di gunakan Robert sampai di sekolah ?

2
untuk penurunan kecepatan kurang jelas,, bisa saja 7 km/jm selama 1 menit dan sisanya 2 km/jam, bisa juga lainnya, jawaban akan berbeda-beda...

Jawabanmu

2014-01-20T15:49:06+07:00
Jaraknya 12 km
Pertama tama Robert mengendarai dengan kecepatan 7 km/jam.
Pada saat ini Robert mengendarai dengan kecepatan 7 km/jam maka waktu yang ditempuh hanya 1 jam
Maka 12-7= 5 km
Jarak yang tersisa tinggal 5 km
Setelah lelah Robert mengendarai dengan kecepatan 2 km/jam.
5 : 2 = 2 \frac{1}{2} jam
1 + 2 \frac{1}{2} jam
Jadi waktu yang ditempuh Robert hanya 3  \frac{1}{2} jam.
5 3 5
Jawaban paling cerdas!
2014-01-20T16:02:33+07:00
12=7t+1/2(9/t)t.t
12=7t+9t/2
24=23t
t=24/23 jam =1 \frac{1}{23}
2 5 2