Jawabanmu

2014-04-14T11:54:34+07:00
karena kebanyakan hasil kebudayaan islam di indonesia sangat mirip dengan kebudayaan di arab atau mesir contoh : kaligrafi
dan juga 
dilihat dari penemuan kampung arab didaerah pulau sumatra dan makam fatimah
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-04-14T11:57:43+07:00
Alasan hamka mengemukakan pendapat itu karena;
Menurut Ibn Batutah, Raja Samudra Pasai bermazhab Syafii, Mazhab Syafii yang terbesar waktu itu ada di Mesir dan Mekah. Raja Samudra Pasai selalu mengikuti musyawarah para ulama Syafii. Kalau Islam itu berasal dari Persia atau India tentunya di Indonesia banyak yang menganut aliran Syiah seperti Persia dan bermazhab Hanafiah seperti di India. Raja-raja Samudra Pasai memakai selar al Malik seperti yang digunakan oleh raja-raja Mesir. Sementara gelar Syah yang biasa dipakai di Persia, baru muncul digunakan oleh raja-raja Malaka pada abad ke-15


1 5 1