Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-14T09:35:49+07:00
Kerajaan Samudra Pasai terletak diAceh dengan pusatnya di Aceh bagian utara ( sekarang kabupaten Lhokseumawe). Samudra Pasai berdiri sekitar abad ke-13 dan merupakan Kerajaan Islam Pertama diIndonesia. Pada masanya, Samudra Pasai merupakan pusat perdagangan dan pusat penyebaran agama Islam. Raja Pertama Kerajaan Samudra Pasai adalah Sultan Malik As-Salih. Beliau berjasa menyatukan Perlak dengan Pasai. Untuk memperkokoh hubungan antara Perlak dengan Pasai, Sultan Malik As-Salij menikah dengan. Putri Ganggang dari Perlak. Pada Tahun 1927, Sultan Malik As-Salih wafat dan dimakamkan diSamudra, Kabupaten Aceh Utara. ^Semoga Bisa Membantu^
1 5 1
2014-04-14T10:56:50+07:00
Telah diketahui bahwa masa awal kerajaan Samudra Pasai ditandai dengan kepemimpinan sultan Malik as-Saleh yang merupakan raja pertama kerajaan Samudra Pasai. Pasai sendiri merupakan kerajaan yang besar pada saat itu, terbukti dengan reruntuhan-reruntuhan kerajaan Pasai yang diperkirakan merupakan kerajaan yang besar pada  masa itu.Selain itu Pasai juga merupakan kerajaan Islam pertama di Nusantara, bahkan pertama di Asia Tenggara, yang merupakan pusat penyebaran pertama kali di Indonesia dan Asia Tenggara. Selain sebagai kerajaan muslim yang pertama Pasai juga merupakan kerajaan yang menjadi jalur perdagangan dan mempunyai Bandar-bandar perdagangan yang mampu menyokong ekonomi ;pemerintahan.