Jawabanmu

2014-04-13T22:49:12+07:00
PERBEDAAN CERPEN DAN NOVELDalam novel terjadi konflik batin, sedangkan dalam cerpen tidak harus terjadi.Dalam novel, perwatakan digambarkan secara detail, sedangkan dalam cerpen, perwatakan digambarkan secara singkatNovel memiliki alur lebih rumit, sedangkan dalam cerpen, akhir ceritanya sederhana.Dalam novel, latar lebih luas dan waktunya lebih lama, sedangkan dalam cerpen, latar hanya sebentar dan terbatas.Novel lebih panjang karangannya daripada cerpen, sedangkan cerpen lebih pendek karangannya.Unsur-unsur cerita dalam novel lebih kompleks dan beragam dibandingkan cerpen, sedangkan unsur cerita dalam cerpen relatif sederhana dan pasti tunggalNovel biasanya ditulis dalam minimal 100 halaman kuarto, sedangkan cerpen biasanya ditulis maksimal 30 halaman kuarto.Jumlah kata dalam novel minimal 35.000 kata, sedangkan jumlah kata dalam cerpen maksimal 10.000 kata.Lama untuk membaca novel kira-kira 30-90 menit, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk membaca cerpen hanya 10 menit (bacaan sekali duduk).
Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T22:52:09+07:00
Alur cerita novel kompleks sedangkan cepen alurnya sederhana. konflik dalam novel dapat merubah nasib dalam tokoh cerita sedangkan novel tidak. penokohan dalam novel sangat mendetail sedangkan cerpen tidak terlalu.
2 3 2