Jawabanmu

2014-04-13T22:41:45+07:00
Interaksi yang terus menerus antarsuku bangsa di suatu lokasi dapat berdampak positif maupun negatif. Dampak positif terlihat dari adanya kerja sama, dan saling pengertian. Sedangkan dampak negatif dapat kita lihat beberapa kasus yang terjadi di Ambon, Poso, Aceh, dan Papua. Kasus ini muncul akibat ketidakseimbangan pelayanan sosial, paradigma keagamaan yang disalah artikan, etnosentrisme yang berlebihan dari salah satu suku bangsa terhadap suku bangsa lain sehingga menimbulkan ‘pergesekan’ pada tingkat ideologi yang bermuara pada munculnya konflik.
6 4 6
Dampak interaksi sosial secara negativ:Kerusakan dan hilangnya harta benda dan nyawa jika terjadi kontak atau benturan fisikPersaingan yang tajam akan membuat kontrol sosial tidak berfungsiAkan menimbulkan prasangka yang memicu terjadinya kerugian bagi orang lainAktivitas yang dilakukan akan mengakibatkan terjadinya benturan/ kontak fisikMenimbulkan rencana / niat mencelakakan pihak lain.
2014-04-13T23:19:21+07:00
Dampak interaksi sosial secara positif:Terpenuhinya kebutuhan individu dan kelompok yang tidak dapat dipenuhi sendiri tanpa adanya interaksi dengan orang lain.Kerjasama manusia yang terus berkembang seiring dengan makin kompleksnya kebutuhan dan situasi masyarakat saat ini.Hubungan sosial antara dua atau lebih kelompok sosial yang berbeda akan terintegrasi lebih kuat karena timbulnya solidaritas dan kesetiakawanan yang tinggi.Individu- individu yang berbeda akan saling kenalTercapainya kestabilan antara dua/ lebih kelompok yang bertikaiLahirnya unsur kebudayaan baru dengan tidak menghilangkan atau mengeliminasi kebudayaan asli yang mendukungnya.Terjadinya negosiasi antara pihak- pihak yang bertikai.
3 4 3