Jawabanmu

2014-04-13T17:49:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
P = -100/PR . PR=jarak, P=dioptri atau P= 1/f. P=dioptri, F=fokus
16 4 16
Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T18:09:03+07:00
Ringkasan dioptri:
Lensa Cekung (-)
Lensa Cembung (+)
Rumus Dioptri Lensa Cekung (-) P=100 / -f (jika f dalam satuan cm)
P=1/-f (jika f dalam satuan meter)
Rumus Dioptri Lensa Cembung (+) P= 100/f ( jika f dalam satuan cm)
Rumus Dioptri Lensa Cekung (-) P= 1/ f (jika f dalam satuan m)

contoh soal:

1. sebuah lensa yang berjari jari 100 cm memiliki kekuatan lensa..
dik: R(jari-jari) = 100cm
      2f=100
       f(fokus) = 50cm
karena memakai satuan cm dan lensa cembung (+) maka:
P= 100/f
  = 100/50
  = + 2 dioptri

2. Sebuah benda terletak 25 cm di depan Lensa Cekung. Bayangan maya benda tersebut terletak sejauh 40cm. kekuatan lensa tersebut adalah..
Dik: so = 25 cm
       si = 40 cm 
Dit: P= ?
jawab: 1/f = 1/40 + 1/25
           1/f = 8/200 + 5/200 
           1/f = 13/200
              f = 200/13
karena lensa cekung (-) dan dalam satuan cm maka:
P = 100/-f            
P = 100 : -200/13
P = 100 x -13/200
P = -13/2
P = -6,5 dioptri

Masih baru. maaf kalau salah.
46 3 46