3. Setiap pembelian sebuah buku matematika di Toko Arum diberikan rabat 5% dari harga patokan penerbit. Jika besarnya rabat yang diterima Rp1.750,00, tentukan
A. Harga patokan penerbit untuk sebuah buku matematika.
B. Jumlah uang yang harus dibayar jika membeli 60 buku matematika.
4. Seorang pedagang membeli 8 karung beras dengan bruto masing-masing 75 kg dan tara 2%. Berapakah pedagang itu harus membayar jika harga tiap kg beras Rp2.500,00?

2

Jawabanmu

2014-04-13T16:44:58+07:00
Harga patokan, 35,000
kalo 60 buku.. 1995.000
Caranya gimana ya,,??
yg no 4. 1470.000
salaaah maaf2 yg bener harga patokannya 33.250...
100/5 x 1750 = 35.000 maaf benar yg pertama
Ya gpp,, tolong dong caranya di jabarkan satu persatu,,?? Biar saya tau. Saya gg butuh jawabannya langsung tp sya butuh caranya,,!! ;)
Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T17:16:55+07:00
3.
A. Untung = 5% = 1750 harga patokan = ?
1750= \frac{5}{100} x harga patokan
 \frac{1750}{ \frac{5}{100} } = harga patokan
harga patokan = 1750 x  \frac{5}{100} = 35000
B. membeli 60 buku = 60 x 35000 - 60 x 1750
2100000 - 105000 = 1995000

4. netto per karung =  \frac{98}{100} x 75 = 73.5kg
netto total beras = 8 x 73.5 = 588kg
yang harus dibayar oleh pedagang adalah 588 x 2500 = Rp. 1470000
22 4 22
jadikan yang terbaik ya...
Iyah :)
terima kasih..
Ya sama2 :)