mohon bantuannya ya & minta caranya juga ya, terima kasih
1)
mohon bantuannya ya & minta caranya juga ya, terima kasih

1) sinar datang yang sejajar dengan sumbu utama vermin cekung akan dikumpulkan pada satu titik. hal ini membuktikan cermin cekung memiliki sifat
a) divergen b) konvergen c) memantulkan cahaya d) membiaskan cahaya
2)
sebuah benda terletak 60 cm di depan cermin cekung yang memiliki
jari-jari kelengkungan 30 cm. perbesaran bayangan yang terjadi adalah
a) 1/3 b) 1 c) 2 d) 3
3)
sebuah benda setinggi 2 cm berdiri didepan lensa cembung yang memiliki
jarak fokus 4 cm. jarak bayangan yang terbentuk ....... cm dari lensa
a) 24 b) 12 c) 4 d) 3
4) sebuah lensa cekung memiliki jarak fokus 25 cm. kekuatan lensa tersebut sebesar ..... dioptri
a) 4 b) 2,5 c) -4 d) -2,5
5)
seorang anak memakai kacamata yang memiliki kekuatan -1,25 dioptri.
jarak fokus lensa kacamata yang digunakan anak itu ....... cm
a) -40 b) -80 c) -125 d) -150


2

Jawabanmu

2014-04-13T15:57:04+07:00
Saya cma tau nomor 5 gan jawabanyya C
Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T16:08:51+07:00
1. b konvergen
2.f=1/2 r, f=15cm
   1/f=1/s+1/s'
    1/15=1/s+1/60
     1/s=1/15-1/60
       1/s = 3/60
        s=20 cm
         m = s'/s , 60/20 = 3 kali d
3. 1/f = 1/s+1/s'
     1/4=1/2+1/s'
      1/s'= 1/2-1/4
        1/s'=1/4 
s'=4, c
4. p=-100/f
    p= -100/25
     p=-4 c
5. p=100/f
    -1.25=100/f
      f=100x-1.25
      f= -125 cm    c  

2 4 2