Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T11:40:57+07:00
Ciri khas yang paling unik adalah bentuk atapnya yang tampak seperti tanduk kerbau, namun beberapa kepercayaan menyebutkan bahwa atapnya itu dari perahu yang terbalik. Atapnya terbuat dari susunan batang bambu, tiang-tiang rumah terbuat dari batang pohon palem ataupun bambu yang sangat besar. Namun saat ini sudah banyak yang diganti dengan tiang beton. Dindingnya terbuat dari papan kayu yang dipenuhi dengan ukiran gambar ayam dan api
1 5 1
2014-04-13T11:40:58+07:00
1. Tiang utama ( alliri ). Biasanya terdiri dari 4 batang setiap barisnya. jumlahnya tergantung jumlah ruangan yang akan dibuat. tetapi pada umumnya, terdiri dari 3 / 4 baris alliri. Jadi totalnya ada 12 batang alliri.
2. Fadongko’, yaitu bagian yang bertugas sebagai penyambung dari alliri di setiap barisnya.
3. Fattoppo, yaitu bagian yang bertugas sebagai pengait paling atas dari alliri paling tengah tiap barisnya.

Bagian - bagian dari rumah bugis ini sebagai berikut :
1.. Rakkeang, adalah bagian diatas langit - langit ( eternit ). Dahulu biasanya digunakan untuk menyimpan padi yang baru di panen.
2. Ale Bola, adalah bagian tengah rumah. dimana kita tinggal. Pada ale bola ini, ada titik sentral yang bernama pusat rumah ( posi’ bola ).
3. Awa bola, adalah bagian di bawah rumah, antara lantai rumah dengan tanah.

Yang lebih menarik sebenarnya dari rumah bugis ini adalah bahwa rumah ini dapat berdiri bahkan tanpa perlu satu paku pun. Semuanya murni menggunakan kayu. Dan uniknya lagi adalah rumah ini dapat di angkat / dipindah..

SEMOGA MEMBANTU:)

ucapkan terimakasih dan jadikan jawaban terbaik:)