Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T11:16:04+07:00
Interaksi sosial mendasari aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya satu dan lainnya. Dalam memenuhi kebutuhannya, manusia menciptakan berbagai hal untuk membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik. Mereka mengembangkan teknologi, nilai, dan norma untuk bergaul, organisasi sosial-budaya-politik, ilmu pengetahuan, dan berbagai lapangan kerja untuk mendapatkan kenyamanan hidup. Dengan kemampuan itu, manusia melakukan perubahan-perubahan terhadap alam dan lingkungan tempat tinggal mereka. Apa yang sudah mereka hasilkan diwariskan ke generasi penerusnya untuk dikembangkan lebih baik.Dalam keadaan tertentu, manusia tidak mampu mengubah alam dan lingkungan fisik untuk memenuhi apa yang mereka perlukan. Lingkungan fisik tempat manusia tinggal mempunyai keterbatasan tertentu untuk menghasilkan sumber daya yang mereka perlukan. Apa yang manusia perlukan dihasilkan oleh lingkungan lainnya. Sebaliknya, apa yang dihasilkan oleh lingkungan mereka diperlukan oleh manusia di lingkungan lain.Sumber daya yang tidak merata antar wilayah menimbulkan kelangkaan komoditas tertentu di suatu wilayah. Kelangkaan dapat terjadi karena sumber daya yang tersedia tidak sebanding dengan kebutuhan. Tidak terpenuhinya kebutuhan manusia berarti munculnya masalah pemenuhan kebutuhan yang disebut masalah ekonomi.Masalah ekonomi muncul karena adanya kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemenuhan kebutuhan, berupa barang dan jasa, terbatas adanya. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas kebutuhan disebut kelangkaan. Untuk mengatasi kelangkaan, diperlukan kegiatan ekonomi yang menunjangnya. Dalam kegiatan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi ditentukan oleh interaksi sosial.Kebutuhan manusia dipenuhi melalui proses interaksi sosial. Interaksi sosial sudah terjadi sejak manusia ada. Pada zaman nenek moyang kita, pemenuhan kebutuhan hidup diawali dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan. Dengan makin meningkatnya kebutuhan dan keterbatasanruang serta sumber daya, manusia mulai hidup menetap dan bercocok tanam.Untuk memenuhi kebutuhan akan barang yang belum mampu dihasilkan sendiri, manusia melakukan barter. Barter adalah cara berdagang yang dilakukan oleh masyarakat melaluipertukaran barang. Cara ini dilakukan ketika belum ditemukan uang sebagai alat tukar. Apakah dengan barter kebutuhan mereka terpenuhi seluruhnya? Ternyata tidak karena keterbatasan potensi sumber daya alam yang terdapat di wilayah masing-masing.

semoga membantu:)
13 4 13
ucapkan terimakasih dna jadikan jawaban terbaik:)
trims
2014-04-13T11:16:34+07:00
-semua orang akan berhubungan dan berinteraksi , terbentuknya sebuah komunikasi ,
terbentuknya sebuah kelompok sosial
4 3 4