Jawabanmu

2014-04-13T10:47:24+07:00
Karena pada tanggal 22 maret 1873 belanda memaksa aceh mengakui kedaulatan belanda
Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T10:59:24+07:00
A.Sebab Umum
-Belanda ingin menguasai Aceh
-Letak Aceh sangat strategis yaitu di selat malaka yang merupakan jalur pelayaran internasional
-Pelayaran belanda di selat malaka sering di ganggu oleh pelaut Aceh

B. Sebab Khusus
pada tanggal 22 Maret 1873,belanda menuntut agar ACEH mengakui kedaulatan pemerintah kolonial BELANDA. Namun tuntutan itu ditolak oleh ACEH. kemudian 4 hari setelah penolakan itu,pemerintah kolonial mengumumkan perang kepada Aceh. peristiwa itu menandai mulainya perang aceh.
 
1 5 1