1. sebuah pencil jatuh dari meja setinggi 125 cm. massa pensil kira-kira 20gram. jika percepatan gravitasi di tempat itu 9,8 m/s², usaha yang dilakukan pensil sebesar........J.
2. sebuah kubus perjal memiliki berat 2,49 N di udara. ketika kubus tersebut di timbang di dalam air beratnya menjadi 2,22 N. gaya ke atas yang diterima kubus tersebut sebesar .... N.

tolong di jawab ya!!! lagi butuh bantuannya,

2

Jawabanmu

2014-04-12T16:35:39+07:00
1. W = F x s
        = (m.g) x s
        = (20.9,8) x 1,25 m
        = 245 J

2.Diketahui :W(udara) = 2,49
W(air) = 2,22
Ditanyakan : F
jawab : F= W(u) – W(a)
= (2,49-2,22)N
= 0,27 N
Gaya ke atas yang diterima kubus tersebut sebesar 0,27 N
terima kasih ^_^
massa nya belum di sama kan satuannya seharusnya di bagi 1000 agar menjadi kg
sudah saya edit lengkap sama caranya tuh.
sippp... yang teliti ya :D
Jawaban paling cerdas!
2014-04-12T16:35:47+07:00
1.
usaha = ΔEnergi Kinetik
pertama cari kecepatan jatuhnya benda. karena benda jatuh bebas tanpa kecepatan awal, bisa pakai rumus v² = (2.g.h)
v² = 24,5
Ek = 1/2. m. v² = 1/2 . 0,02 . 24,5 =0,245 Joule

2. berat di udara = gaya keatas + berat di air
 gaya keatas = berat di udara - berat di air = 2,49 -2,22 = 0,27
2.g.h
2x9,8x125= 2450 trus dibagi 100 k?
tingginya itu 125 cm dijadiin meter
125 cm = 1,25 m
kalau yg 0,02 itu dpt dari 20/1000 k??
kan massanya itu 20 gram dijadikan kg
20 gram = 0,02 kg
ingat : satuan harus disamakan (mks) ( cgs)
kalau meter harus dengan kilo
kalau centimeter dengan gram
Joule adalah satuan (mks)
satuan (cgs) untuk gaya adalah dyne