Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-12T14:30:39+07:00
Kalo perjanjian Hudaibiyah itu perjanjian antara kaum Muslimin Madinah dengan kaum musyrikin Mekah. Perjanjian yang ditandatangani di lembah Hudaibiyah, pinggiran Mekah, ini terjadi pada tahun ke-6 setelah Rasulullah hijrah dari Mekah ke Madinah. Pada saat itu rombongan kaum Muslimin yang dipimpin langsung oleh Nabi Muhammad SAW hendak melakukan ibadah haji. Namun mereka dihalang- halangi masuk ke Mekah oleh kaum musyrik Quraisy warga Mekah. Rasulullah pun mengajak mereka bernegosiasi sampai akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan perjanjian damai seperti Gencatan senjata antara Mekah dengan Madinah selama 10 tahun,Warga Mekah yang menyeberang ke Madinah tanpa izin walinya harus dikembalikan ke Mekah,Warga Madinah yang menyeberang ke Mekah tidak boleh kembali ke Madinah,Warga selain Mekah dan Madinah, dibebaskan memilih untuk berpihak ke Mekah atau Madinah.
kalo perjanjian aqobah itu terjadi pada tahun 12 kenabian, Rasulullah menemui rombongan Yatsrib. Mereka menerima seruan Nabi Muhammad dan menyatakan keislamannya. Peristiwa ini terjadi di bukit Aqabah sehingga peristiwa ini disebut sebagai Bai’atul Aqabah /janji setia di bukit Aqabah. Isi dari perjanjian ini adalah bahwa mereka (rombongan dari Yatsrib): Menyatakan setia kepada Nabi,Rela berkorban harta dan jiwa,Ikut menyebarkan ajaran Islam yang dianutnya,tidak akan menyekutukan Allah,tidak akan membunuh,tidak akan melakukan kecurangan dan kedustaan  kalo piagam madinah itu mulai dibuat saat sudah menetap di Madinah, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mulai mengatur hubungan antar individu di Madinah.akhirnya membuat piagam madinah yang berisi perjanjian dengan kaum muslimin,kaum musrik dan kaum yahudi agar hidup saling damai dan tidak boleh saling bermusuhan dan memprovokasi
Semoga membantu,klik jawaban terbaik yaa


 

2 5 2
2014-04-12T19:59:50+07:00
Perjanjian antara orang muslim madinah dengan musyrik mekah