Ada yang tau gak rumus kalor smp yang cepat ,dari dulu belajar tuh kalor ga ngerti ngerti .Please saya mau UN SMP,oh ya sama contoh soalnya ya 1 aja!

2
kalor kenaikan suhu : Q=m×c × ∆t
ket : Q = kalor
m = massa
c = kalor jenis (J/kg°C)
∆t = selisih suhu

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-12T11:22:08+07:00
Rumusnya banyak
untuk perubahan suhu rumusnya Q = m . c . Delta T (perubahan suhu)
untuk meleburkan es rumusnya = Q = m L 
untuk menguapkan air rumusnya = Q = m U

m= massa (kg)
L= Kalor lebur (j/kg)
U= kalor uap(j/kg)
c= kalor jenis benda(J/kg oC) (es, cair)

contoh soal:
Sebuah es massanya 500g ber suhu -10oC, berapa kalor yang di butuhkan untuk memanaskan es higga 100oc? jika (Kalor jenis es = 2100J./kg oC, Kalor jenis air = 4200 J/Kg oC, Kalor lebur es = 336 000 J/KG)

pertama:
kalor untuk menaikan suhu es 
Q = m c (pakai kalor jenis es) Delta T
= 0.5 x 2100 x 10
= 10500 joule

untuk meleburkan es jadi air
Q = M . L
= 0.5 x 336 000
= 168 000

untuk menaikan suhu air
Q = m c (wujud air pake air) delta T 
= 0.5 x 4200 x 100
= 210 000

kalor total = 210000 + 1050 + 168 000
= 388 500

jadi kalau kamu nemu soal ada perubahan suhu pakailah Q= M c delta T (T-t)
kalau gak ada perubahan suhu liat awal wujud apa ntar jadi apa 
Q = M L
sip lah,kalo yang ada grafik gimana tuh?
ya liat ada perubahan suhu atau engga nya, liat sumbu Y (vertikal) biasanya itu suhunya.... kalau -10 kan berarti es karna titik beku celcius itu 0, pakai lah kalor jenis es, kalau di atas nol berarti wujudnya udah air karna suhunya di atas titik beku...
jawaban terbaik plis ;)
dah
thanks
2014-04-12T11:26:45+07:00
Jika mendatar m.L jika menaik m.c.delta t