Jawabanmu

2014-04-12T10:22:18+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-04-12T12:43:38+07:00
Pakai Rumus Titrasi
M₁ x V₁ x valensi asam   =   M₂ x V₂ x valensi basa
Dik: 
M₁ (HCl) = 0,05M
V₁ = 15 ml
V₂ = 15 ml

M₁ x V₁ x valensi asam   =   M₂ x V₂ x valensi basa
0,05 M  x  15 ml  x 1      =    M₂ x 15 ml x 1
M₂ = 0,05 M

Nah, kita hitung deh berapa mol NaOH yang dipakai (15 ml = 0,015 Liter)
mol NaOH = M₂ x V₂ = 0,05 M x 0,015 Liter = 7,5 x 10⁻⁴
massa NaOH yang diapaki adalah (Mr = 40 g/mol)
Massa = mol x Mr = 7,5 x 10⁻⁴ x 40 = 0,03 gram = 3 x 10⁻² gram

Semoga Membantu!!
Jadikan Terbaik ya...
2 5 2