Jawabanmu

2014-04-11T20:18:55+07:00
Konon katanya,danau tsb dari dulu memang sudah berwarna 3 , yg mempunyai arti dan makna sendiri-sendiri
Jawaban paling cerdas!
2014-04-11T20:21:44+07:00
Emang dari dulu danau kalimutu itu sudah ada 3 warna dan 3 warna itu memiliki makna masing masing Danau Kelimutu dikenal memiliki tiga warna, yakni merah, putih

Warna Merah atau "Tiwu Ata Polo" diyakini menjadi tempat berkumpul arwah orang-orang yang semasa hidupnya sering melakukan perbuatan jahat. Sedangkan Warna Putih atau "Tiwu Ata Mbupu" diyakini oleh warga desa sebagai tempat berkumpulnya arwah-arwah leluhur mereka yang meninggal ketika mereka tua.

Selain itu, masyarakat setempat percaya bahwa danau tersebut adalah danau keramat dan memberikan kesuburan pada daerah sekitarnya. Maka tak jarang sering diadakan upacara adat di danau tersebut di mana masyarakat memberikan persembahan hasil bumi kepada arwah di danau tersebut.

Selain memiliki danau, Gunung Kelimutu juga menyimpan pesona flora dan fauna yang tidak kalah menarik. Di sekeliling gunung, wisatawan dapat menemukan tumbuh-tumbuhan yang jarang ditemukan di wilayah Flores lainnya sperti pinus, cemara, kayu merah dan edelweis. Sedangkan ragam fauna yang terdapat di hutan Kelimutu adalah rusa,  Dll
Disebabkan oleh mineral yang larut dalam air dan perubahan cuaca menyebabkan perubahan warna air .