Untuk yang akan UN besok senin ya!!!

Poin masing masing 15, silahkan dicoba!
Latihan dari soal UN 2013 Fisika

Empat buah bola pejal masing-masing A (massa 2 kg, jejari 5 cm), B
(massa 1 kg, jejari 10 cm), C (massa 2 kg jejari 10 cm) dan D (massa 1
kg, jejari 5 cm) menggelinding pada bidang miring yang sama. Yang
memiliki percepatan pusat massa terbesar adalah bola ….


(A) A

(B) B

(C) C

(D) D

(E) Percepatannya sama

2
eh slah blum slesai, kepencet enter
oke, sblum jwab perlu lo ketahui dari data diatas:
sudut elevasi 45, bidang licin (tdk ada gya gsek), bola tsb nantinya jelas menggelinding (gerak rotasi) dan bolanya pejal maka I = 2/5 x M x R x R
Torsi = I.alpha
F x R = 2/5 x M x R x R x alpha
5 x M x g sin 45 = 2 M x R x alpha
maka percepatan gravitasinya
alpha = 5 x g sin 45/R
oke, sblum jwab perlu lo ketahui dari data diatas:
sudut elevasi 45, bidang licin (tdk ada gya gsek), bola tsb nantinya jelas menggelinding (gerak rotasi) dan bolanya pejal maka I = 2/5 x M x R x R

Torsi = I.alpha
F x R = 2/5 x M x R x R x alpha
5 x M x g sin 45 = 2 M x R x alpha
5 x M x g sin 45 = 2 M x R x a/R
coret2 tuh M sama R
maka percepatan gravitasinya
a = 5 x g sin 45/2
yang a (percepatan) 4 bola nilainya sama atau konstan (E)
manstap, tapi kenapa nda jawab di bagian jawaban?
itu di bagian mana? ak kok blm tau, soalnya ini baru gabung

Jawabanmu

2014-04-13T05:10:21+07:00
Jwbn A krna lbih besar massa n lbih kecil jri dapt mngelndngkn dngn cpat
Jawaban paling cerdas!
2014-04-13T12:01:30+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Torsi = I.alpha
F x R = 2/5 x M x R x R x alpha 5 x M x g sin 45 = 2 M x R x alpha
5 x M x g sin 45 = 2 M x R x a/R
maka percepatan gravitasinya
a = 5 x g sin 45/2
yang a (percepatan) 4 bola
Jadi Jawabannya E (percepatannya sama
3 5 3