Berapa gram kristal NaOH yang harus dimasukkan ke dalam 100 ml larutan asam formiat (HCOOH) 0,1 M untuk membuat larutan penyangga yang mempunyai pH = 4-2 log 2? (Ka HCOOH = 1,6 x 10^-4)

2
Komentar sudah dihapus
Sebelumnya cari dulu konsentrasi H+nya untuk HCOOH
apakah betul kalau [H+] untuk HCOOH adalah 0,1?

Jawabanmu

2014-04-11T15:57:42+07:00
Rumus : Molar=massa/gr x 1000/volume(ml) Sebelumnya cari dulu konsentrasi H+nya untuk HCOOH
Jawaban paling cerdas!
2014-04-11T17:02:02+07:00
Kita Mengerjakannya dari tahap akhir ya, ada larutan penyangga dengan pH 4 -log2 ([H⁺] berarti adalah 2 x 10⁻⁴])
Karena ini larutan penyangga, maka kita cari tau siapa asamnya, siapa garamnya.
asamnya : HCOOH
Garamnya saat dicampur NaOH menjadi : HCOONa
kita balik pengerjaannya:
[H⁺] = Ka x  \frac{mol\,asam}{mol\,garam}
[H⁺] = Ka x  \frac{mol\,asam}{mol\,garam}
2 x 10⁻⁴ = 1,6 x 10⁻⁴ x  \frac{mol\,asam}{mol\,garam}
 \frac{2\,x\,10^-^4}{1,6\,x\,10^-^4}  \frac{mol\,asam}{mol\,garam}
 \frac{5}{4}  =   \frac{mol\,asam}{mol\,garam}

kita lihat disini, bahwa perbandingan sisa asam dengan garamnya adalah 5 : 4, kita masukan ke tabel kesetimbangan :
                  HCOOH          +         NaOH        ===>      HCOONa       +       H₂O
Mula                x                             y
Reaksi            -4                            -4                              +4                       +4
Sisa                5                              -                                4                         4
coba kamu cari nilai x dan y nya dengan penjumlahan saja, yang saya dapat 
x = 9
y = 4
nah karena ini masih dalam bentuk perbandingan, kita cari tahu berapa mol yang beraksi :
mol yang bereaksi :  \frac{4}{9} x 10 mmol <==(mol awal HCOOH)
                           = 4,44 mmol
nah karena mol yang bereaksi sama dengan mol awal NaOH maka tinggal kita cari berapa massanya. (Mr NaOH =  40g/mol)
massa = mol x Mr
massa = 4,44 mmol x 40 = 177,6 mg = 0,1776 gram

Semoga Membantu!!
Jadikan Terbaik ya..
2 4 2