Jawabanmu

2014-04-10T21:11:55+07:00
Ada 2 jenis utama teropong, yaitu:
1. Teropong bias
2. Teropong pantul

Teropong bias, teropong yang terdiri atas beberapa lensa dan bekerja berdasarkan pembiasan cahaya. Ada beberapa macam teropong bias, diantaranya:

1. Teropong bintang atau teropong astronomi.
Teropong bintang disebut juga teropong astronomi.
Teropong bintang memiliki ciri:
- Dua buah lensa cembung berjarak fokus panjang.
- Jarak fokus lensa objektif lebih besar dari jarak fokus lensa okulernya.

Teropong bintang adalah alat yang digunakan untuk melihat atau mengamati benda-benda di luar angkasa seperti bulan, bintang, komet, dan lain sebagainya. Sifat bayangannya adalah maya, terbalik dan diperbesar.
Benda-benda yang diamati letaknya sangat jauh sehingga sinar-sinar sejajar menuju ke lensa objektif. Kumpulan sinar sejajar yang berasal dari bagian atas bintang dan bagian bawah bintang membentuk bayangan nyata dan terbalik di bidang fokus lensa objektif. Selanjutnya bayangan bintang dilihat lensa okuler sebagai benda. 

Karena pengamatan bintang-bintang di langit berlangsung berjam-jam, maka mata akan lelah. Agar mata tidak lelah, maka pengamatan dilakukan dengan mata tidak berakomodasi. Agar ini tercapai, maka bayangan lensa objektif harus diletakan di titik fokus lensa okuler

Teropong Pantul, disebut demikian karena sebagai objektif digunakan cermin cekung besar sebagai pemantul cahaya.
Teropong pantul astronomi terdiri atas satu cermin cekung besar, satu cermin datar kecil yang diletakan sedikit di depan titik fokus cermin cekung, dan satu lensa cembung untuk mengamati benda.
Pada teropong pantul cermin lebih digemari daripada lensa untuk digunakan sebagai pengganti lensa objektif, alasannya karena:
1) Cermin lebih mudah dibuat dan murah dibanding dengan lensa.
2) Cermin tidak mengalami aberasi kromatik (penguraian warna) seperti lensa.
3) Cermin lebih ringan daripada lensa yang berukuran sama sehingga lebih mudah digantung.
Karena alasan itulah teropong yang terbesar di dunia adalah jenis teropong pantul. Teropong pantul yang sangat terkenal adalah teropong pantul Mount Palomar yang berdiameter 500 cm di USA.
.