Jawabanmu

2014-04-10T21:22:17+07:00
Ya gak bisa lah. kalo di tentuin gitu kan nanti karyawannya malah jadi males kerja. contohnya di negara komunis semua gaji di sama ratakan nah akibatnya karyawannya tuh jadi males-malesan kerjanya.toh mereka pikir "gua nih udah kerja berat(mau kerja rajin) tapi gaji gua ama sama yang males" ya udah deh jadinya gua males aja.... 
nah tapi ada keuntungannya tuh. misalnya kesenjangan sosial tuh gak terlalu lebar. nah segitu dulu  ya ... muuuchiii 
2014-04-10T22:51:10+07:00


Menurut saya tidak, karena pengusaha atau pemerintah harus juga mempertimbangkan bagaimana kinerja karyawan tersebut, jika kinerja karyawan tersebut bagus, karyawan pantas mendapatkan upah yang lebih dari karyawan lain sebagai penghargaan terhadap kinerjanya agar ia lebih bekerja keras lagi dan karyawan yang lain juga termotivasi untuk bekerja lebih giat lagi.

Pemerintah juga harus mempertimbangkan seberapa besar biaya hidup karyawannya pada suatu wilayah, misalnya di Jakarta, hidup di Jakarta semua barang cenderung mahal, jadi pemerintah/pengusaha sebaiknya memberi upah yang setidaknya mencukupi kehidupan karyawannya agar karyawannya bias hidup layak.

1 4 1