Jawabanmu

2014-01-19T18:38:06+07:00
Faktor penyebab mutasi disebut mutagen, dan individu yang mengalami mutasi disebut mutan.
1.
Mutasi gen disebut juga mutasi titik (point mutation). terjadi karena adanya perubahan struktur gen (DNA), akibatnya asam amino yang dikodekan berubah sehingga terbentuk protein yang salah.
2.
Mutasi kromosom (aberasi/gross mutation) dapat disebabkan karena perubahan struktur kromosom maupun perubahan jumlah kromosom.
3.
Mutasi Alami dan Mutasi Buatan
2014-01-19T18:38:53+07:00
A. Macam-macam Mutasi
1. Mutasi Gen
Mutasi gen adalah perubahan susunan basa nitrogen pada nukleotida, disebut juga mutasi titik (point mutation). Perubahan susunan basa nitrogen pada triplet, menyebabkan berubah pula asam amino yang akan dikode. Demikian pula, jenis atau fungsi protein yang akan dihasilkan. Gen yang normal maupun gen mutan dapat bersifat dominan maupun resesif. Pada organisme diploid yang heterozigot, fenotip yang akan muncul adalah fenotip dari alel yang dominan, karena alel yang dominan dapat ditranskripsi dan ditranslasi menjadi protein yang berfungsi. Selanjutnya, aktivitas protein tersebut akan terlihat pada fenotipnya. Sementara itu, alel yang resesif tidak dapat ditranskripsikan dan ditranslasikan sebagaimana alel dominan, sehingga fenotipnya tidak tampak.
Mutasi gen dapat terjadi melalui berbagai cara, yaitu:
a. Transisi
b. Transversi
c. Mutasi Frame Shift (Pergeseran Rangka)
2. Mutasi Kromosom
Mutasi kromosom disebut juga aberasi kromosom atau mutasi besar (gross mutation), yaitu perubahan struktur atau jumlah kromosom. Mutasi kromosom banyak terjadi pada tanaman.
a. Perubahan struktur kromosom
Beberapa penyebab terjadinya perubahan struktur kromosom, antara lain:
1) Delesi atau Defisiensi
2) Duplikasi
3) Inversi
4) Translokasi
b. Perubahan jumlah kromosom
Dalam keadaan normal, jumlah kromosom yang dimiliki individu adalah stabil. Akan tetapi, adanya penyimpangan seperti peristiwa nondisjunction atau induksi yang sengaja diperlakukan menyebabkan jumlah kromosom dapat berubah. Perubahan jumlah kromosom meliputi:
1) Euploidi
2) Aneuploidi
Mutasi gen dan mutasi kromosom tentunya terjadi di dalam sel. Oleh karena itu, berdasarkan jenis sel yang mengalami mutasi dibedakan menjadi mutasi somatis dan mutasi germinal.

1. Mutasi Somatis

2. Mutasi Germinal

Berdasarkan mekanisme terjadinya, ada dua macam mutasi, yaitu mutasi alami dan mutasi buatan.

1. Mutasi Alami

2. Mutasi Buatan

Selain berdasarkan materi hereditas, jenis sel, dan mekanisme terjadinya, mutasi dibedakan pula berdasarkan efek atau pengaruh yang ditimbulkan.

1. Mutasi Missense

2. Mutasi Non-sense

3. Mutasi Netral

4. Mutasi Diam