Jawabanmu

2014-04-10T16:45:29+07:00
Antara 60rb-50rb tahun yang lalu adalah awal persebaran manusia dari Afrika Tengah, sebelah selatan Sudan, menuju sampai di selatan Afrika, manusia tidak tersebar dari tempat itu, melainkan dari tempat asalnya, yaitu sebelah selatan Sudan, diperkirakan telah terjadi kepunahan yang menyebabkan tidak adanya persebaran selanjutnya menuju ke selatan.

Antara 50rb-45rb tahun yang lalu adalah masa dimulainya persebaran manusia secara besar-besaran dari sebelah selatan Sudan menuju ke Afrika Tengah, Jazirah Arab, semenanjung India, dan Kepulauan Indonesia. Dari Indonesia, persebaran bercabang menuju Australia (Aborigin) dan Jepang. Dari Jepang, manusia tersebar ke China dan Alaska, lalu ke Amerika Utara.

Antara 45-40 rb tahun yang lalu, persebaran manusia kembali menipis. Sepertinya telah terjadi gejala alam periodik yang menghalangi persebaran manusia, entah itu jaman es atau apa saya tidak tahu. Persebaran manusia hanya terjadi di dalam Jazirah Arab saja.

Antara 40-35rb tahun yang lalu, persebaran manusia hanya terjadi di Jazirah Arab menuju Iran, Afghanistan, Pakistan, pegunungan Himalaya lalu ke Myanmar.

Antara 35-30rb tahun yang lalu, persebaran hanya terjadi dari sebelah timur pegunungan Himalaya menuju ke utara, yaitu ke wilayah yang saat ini disebut Kazakhstan, hingga Mongolia.

Antara 30-25rb tahun yang lalu, persebaran manusia terjadi dari Kazakhstan menuju ke benua Eropa hingga semenanjung Portugal. Mungkin ini pertama kalinya persebaran ras Kaukasoid. Selain itu, persebaran juga terjadi dari Afghanistan dan Pakistan menuju semenanjung India.

Antara 25-20rb tahun yang lalu, persebaran manusia terjadi dari Jazirah Arab ke utara menuju Turki.

Antara 20-10rb tahun yang lalu, persebaran manusia kembali menggiat, yaitu dari Afrika Tengah ke seluruh benua Afrika termasuk Mesir kecuali sebelah utara dan barat gurun Sahara; dari Asia Tengah ke Alaska.

Dan antara 10rb tahun yang lalu hingga batas yang tidak saya ketahui, persebaran terjadi cukup luas, dari Alaska hingga ke seluruh benua Amerika (suku Maya di Amerika Tengah dan Selatan); dari Jazirah Arab ke Afrika Utara dan Mediterania (peradaban Yunani Kuno); dari Eropa Timur ke Kaspia; dari Himalaya Barat ke China, Rusia, dan ke Skandinavia; dari Vietnam ke China Timur; dan dari Thailand ke Indonesia hingga Papua menuju kepulauan Pasifik.
2 4 2
2014-04-10T16:47:33+07:00
Bahasa yang digunakan pada zaman purba adalah bahasa ARAM ,seperti bunyi-bunyian
1 1 1