Jawabanmu

2014-04-10T16:15:58+07:00
A.   Komponen Biotik dan Abiotik Saling Mempengaruhi
Dalam pembahasan kali ini akan diuraikan pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik. Beberapa contoh peristiwa alam yang saling mempengaruhi, antara lain sebagai berikut.
1.    Kacang tanah menyuburkan tanah
Kacang tanah memiliki bintil-bintil akar yang mengandung bakteri rhizoboium. Mampu menangkap nitrogen dari udara. Tanah yang telah ditanami kacang tanah banyak mengandung nitrogen. Nitrogen tersebut diperlukan oleh tumbuhan untuk pertumbuhan. Hal ini menunjukkan bahwa komponen biotik mempengaruhi komponen abiotik.
2.    Cacing tanah menyuburkan tanah
Cacing tanah adalah detritivor yang memakan serpihan bahan organik yang ada dalam tanah. Ketika cacing memakan bahan organik tersebut, tanah ikut tertelan. Kotoran yang dikeluarkan cacing tanah dapat menggemburkand an menyuburkan tanah, jadi, cacing tanah berperan dalam menyuburkan tanah.
3.    Manusia mempengaruhi lingkungan Abiotik
Pengaruh terhadap lingkungan abiotik itu ada yang negatif ada pula yang positif. Pengaruh negatifnya misalnya penebangan pohon yang kemudian dapat menimbulkan erosi dan banjir. Membuang sampah di sembarangan tempat sehingga dapat menyumbat selokan, menyebabkan banjir, dan membahayakan lingkungan.
Coba kamu cari informasi tentang pengaruh positifnya.

B.   Saling Keteragantungan antar Komponen Biotik
Saling keteragantungan itu dibedakan menjadi saling keteragantungan antara individu satu spesies (sejenis) dan saling keteragantungan antara individu berbeda spesies.
5 3 5
2014-04-10T16:33:05+07:00
Biotik, abiotik : manusia butuh air unt minum biotik,biotik :beberapa jenis tumbuhan butuh manusia untuk membantu penyerbukannya
4 4 4