Jawabanmu

2014-01-19T17:01:15+07:00
Kediri - Sehari pasca penemuan 3 arca di Dusun/Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Dinas Pariwisata setempat langsung melakukan penelitian ringan. Hasilnya, di balik temuan 3 arca tersebut terdapat sebuah situs peninggalan purbakala berupa pemandian Kerajaan Kediri kuno.

Indikasi tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Sejarah Tradisional dan Museum Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri Rudi Hari Santoso.

Menurutnya, keberadaan arca macan putih yang merupakan 2 dari 3 arca yang ditemukan merupakan pertandanya. Dalam melakukan pemeriksaan, Rudi didampingi 2 arkeolog dari satuan kerja tempatnya bertugas, masing-masing Eko Priyatno dan Zaenal Arifin.

"Istilahnya Jaladwara. Itu bangunan yang biasanya berbentuk kepala naga atau singa yang berfungsi untuk mengalirkan air di pemandian jalan Kerajaan Kediri kuno," kata Rudi kepada wartawan di lokasi penemuan arca, Kamis (19/11/2009).

Indikasi lain atas dugaan pemandian kerajaan di balik temuan 3 arca tersebut, adalah turut ditemukannya tumpukan bebatuan yang menyerupai pondasi yang diyakini merupakan bangunan induk pemandian yang dimaksud.

Untuk pemandian pada kerajaan kuno, diakui juga oleh Rudi, dibagi menjadi 2 jenis yang berbeda fungsi. Yaitu yang bersifat sakral, dengan peruntukan mensucikan diri sebelum sembahyang, atau bersifat profan yang hanya difungsikan untuk membersihkan muka.

Meski demikian terkait kebenaran dugaan tersebut, Rudi mengaku belum dapat menyimpulkannya. Pihaknya masih menunggu kedatangan arkeolog dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan, sebagai pihak yang dianggap berwenang dan kompeten melakukan penelitian.

"Sesuai rencana seharusnya hari ini, tapi informasinya mereka masih ada tugas di Pasuruan. Koordinasi terbaru, mereka kemungkinan baru bisa sampai ke sini Senin mendatang," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, 3 arca ditemukan oleh Juki, salah seorang petani di Dusun/Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri. 3 arca yang ditemukan, 2 diantaranya berwujud macan putih, sementara 1 lainnya menyerupai patung dewa.


1 2 1