1. berdasarkan pengertian kalor, kapan terjadi perpindahan kalor?
2.ada berapa macam perpindahan kalor? jelaskan masing-masing!
3. berdasarkan sifat, konduktivitas suatu bahan dibedakan menjadi 2 yaitu? sebutkan contohnya!
4. jelaskan terjadinya angin darat dan angin laut berdasarkan konveksi!
5. berikan contoh penerapan konveksi dikelasmu dan dalam kehidupan sehari-hari!
6. sebutkan faktot-faktor yang mempengaruhi besarnya energi radiasi!
7. jelaskan cara kerja termos air panas!

2

Jawabanmu

2014-04-10T11:05:41+07:00
Ada tiga macam yaitu konveksi, radiasi, dan konduksi
    konveksi = perpindahan kalor yang diikuti oleh perpindahan partikel2 zat
    radiasi = perpindahan kalor tanpa melalui zat perantara
    konduksi = perpindahan kalor tanpa diikuti oleh perpindahan partikel2 zat
contoh penerapan konveksi =  saat memasak air

bisa tolong jawab yang lainnya?
maaf, saya hanya tahu itu saja
2014-04-10T11:12:41+07:00
Jawab No.1
Kalor adalah  yaitu bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah ketika benda bersentuhan.

Perpindahan kalor di bagi 2 yaitu :
Perpindahan kalor secara konduksi
Perpindahan kalor secara konveksi

Perpindahan kalor secara induksi biasanya terjadi pada benda padat atau dari benda padat ke benda cair (benda cair ke benda padat) atau dari benda padat ke benda gas (benda gas ke benda padat)

Perpindahan kalor secara konveksi biasanya terjadi pada benda cair (misalnya air) dan benda gas (misalnya udara).

Jawab No.2
Perpindahan kalor di bagi 2 yaitu :
Perpindahan kalor secara konduksi
Perpindahan kalor secara konveksi

Jawab No.3
Ada dua jenis konveksi, yaitu konveksi alamiah dan konveksi paksa.
Contoh di atas adalah contoh konveksi alamiah. Pada konveksi alamiah, pergerakan fluida terjadi akibat perbedaan masa jenis. Bagian fliuda yang menerima kalor memuai dan masa jenisnya menjadi lebih kecil sehingga bergerak ke atas tempatnya digantikan oleh bagian fluida dingin yang jatuh ke bawah karena masa jenisnya lebih besar. Peristiwa ini mirip dengan mengapungya suatu benda karena masa jenis benda lebih kecil dari pada masa jenis zat cair.


Jawab No.4
Proses terjadinya angin darat dan angin laut disebabkan oleh beda sifat fisis antara permukaan darat dan laut. Yaitu perbedaan sifat antara daratan dan lautan dalam menyerap dan melepaskan energi panas matahari. Daratan menyerap dan melepas energi panas lebih cepat daripada lautan. Periode angin darat dan angin laut adalah harian.

Angin laut terjadi ketika pada pagi hingga menjelang sore hari, daratan menyerap energi panas lebih cepat dari lautan sehingga suhu udara di darat lebih panas daripada di laut. Akibatnya udara panas di daratan akan naik dan digantikan udara dingin dari lautan. Maka terjadilah aliran udara dari laut ke darat.

Angin darat terjadi ketika pada malam hari energi panas yang diserap permukaan bumi sepanjang hari akan dilepaskan lebih cepat oleh daratan (udara dingin). Sementara itu di lautan energi panas sedang dalam proses dilepaskan ke udara. Gerakan konvektif tersebut menyebabkan udara dingin dari daratan bergerak menggantikan udara yang naik di lautan sehingga terjadi aliran udara dari darat ke laut. 

Jawab No.5
Pada siang hari daratan lebih cepat panas daripada lautan. Udara di daratan memuai sehingga massa jenisnya mengecil dan bergerak naik ke atas. Tempat yang ditinggalkan akan diisi oleh udara dingin dari laut, maka terjadilah angin laut. Sebaliknya, pada malam hari daratan lebih cepat dingin daripada lautan. Udara di atas laut memuai, massa jenisnya mengecil dan bergerak ke atas. Tempat yang ditinggalkannya akan diisi oleh udara dingin dari darat, maka terjadilah angin darat.

Jawab No.6
Pada tahun 1884, Ludwig Boltzmann menurunkan hubungan antara daya total yang dipancarkan oleh benda hitam sempurna dengan pangkat empat suhu mutlaknya. Persamaan yang didapat dikenal sebagai hukum Stefan-Boltzmann, yang berbunyi: energi yang dipancarkan oleh suatu permukaan hitam dalam bentuk radiasi kalor tiap satuan waktu (Q/t) sebanding dengan luas permukaan (A) dan sebanding dengan pangkat empat suhu mutlak permukaan itu (T4).

Jawab No.7
Prinsip kerja termos itu sederhana. Termos menggunakan bahan yang bersifat adiabatik. Bahan adiabatik secara ideal menghambat atau tidak memungkinkan terjadinya interaksi, antara sistem dengan lingkungan, tidak ada perpindahan kalor antara sistem dalam termos dengan lingkungannya. Akibatnya tidak terjadi pertukaran temperatur. Nah dengan menggunakan bahan adiabatik ini termos mampu mempertahankan suhu air yang berada di dalamnya.
4 4 4