Jawabanmu

2014-04-09T22:24:47+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Nama rumahnya:Batak Karo. ciri2nya bentuknya sangat megah diberi tanduk ,Secara garis besar rumah adat ini terdiri atas jabu jahe (hilir) dan jabu julu (hulu). Jabu jahe juga dibagi menjadi dua bagian, yaitu jabu ujung kayu dan jabu rumah sendipar ujung kayu
1 3 1
Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T22:25:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Provinsi Sumatera Utara (SUMUT) Ibukota nya adalah    
Medan   Berdiri : 7 Desember 1959
Dasar Hukum : UU 24/1956

Letak : Pulau Sumatera ( 1º-5ºLU dan 97º-101ºBT )

Tanda Plat Nomor Kendaraan : BB (Tapanuli) dan BK (Sumatera Utara)
Luas Wilayah : 71.680 km²

Bandar Udara : Polonia ( Medan )

Pelabuhan Laut : Belawan ( Medan )

Pahlawan : Si Singamangaraja XII,Kyai Haji Zainul Arifin, dll.

Perguruan Tinggi Negeri : Universitas Negeri Medan, Universitas Sumatera Utara,   
IAIN Sumatera Utara.
Makanan Khas Daerah : Lalamak, Sangsang, Bika Ambon, Tasak Telu, Anyang, Gulai Tumbuk, Mie Keling, Palai Bada Sibolga,dll

Obyek Wisata : Istana Maimun, Mesjid Raya Medan, Danau Toba, Pulau Nias, Taman Wisata Sikundur, Museum Perjuangan Bukit Barisan, Museum Daerah Sumatera Utara, Pantai Cermin, Kebun Binatang.

Peninggalan Sejarah :
 1. Biaro Bahal, ditemukan di Padang Sidempuan.  2. Istana Maimun atau Istana Deli.  3. Candi Portibi peninggalan dari Kerajaan Hindu Panai yang memerintah sekitar tahun 1039.  4. Benteng yang dibangun pada masa Kerajaan Majapahit di tahun 1365.  5.Makam Batu Raja-Raja Batak. Industri dan Pertambangan : Minyak Bumi, Kertas, Tekstil, Ban Mobil.
Tarian Tradisional : Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor
Rumah Adat : Rumah Bolon
Senjata Tradisional : Piso Surit

Lagu Daerah : Anju Ahu, Bungo Bangso, Cikala Le Pongpong, Bungo Bangso, Butet, Dago Inang Sarge, Lisoi, Madekdek Magambiri, Mariam Tomong, Nasonang Dohita Nadua, Rambadia, Sengko-Sengko, Siboga Tacinto, Sinanggar Tulo, Sing Sing So, Tapian Nauli

Suku : Batak Karo, Batak Simalungun, Batak Fakfak, Batak Angkola, Batak Toba, Melayu, Nias, Batak Mandailing, dan Maya-maya
Pakaian Adat : Karo




2 5 2