Jawabanmu

2014-04-09T19:39:17+07:00
Arus listrik dapat menimbulkan medan magnet dan sebaliknya medan magnet dapat menimbulkan arus listrik. Bila pada salah satu kumparan pada transformator diberi arus listrik bolak balik maka jumlah garis gaya magnet berubah ubah akibatnya pada kumparan primer terjadi induksi. Kumparan sekunder menerima garis gaya magnet dari kumparan primer terjadi yang jumlahnya juga berubah ubah. Maka pada kumparan sekunder juga timbul induksi dan akibatnya antara dua ujung kumparan terdapat beda tegangan.
2014-04-09T19:40:23+07:00
Prinsip kerja Trafo : Trafo bekerja sesuai dengan prinsip induksi elektromagnetik. Sebuah transformator memiliki dua kumparan dimana kumparan ini terpisah secara elektris tetapi bergandengan secara magnetik karena dihubungkan melalui inti besi pada trafo, kedua kumparan tersebut memiliki induktansi yang sangat tinggi.
Jika sumber tegangan (Vp) dihubungkan dengan Lilitan Primer (Np) maka akan timbul arus (Ip), maka arus primer (Ip) akan mengalir dan menimbulkan Fluks Magnetik (φ). Fluks ini sendiri akan mengalir melalui bagian tegangan sekunder, kemudian Fluks tersebut akan menginduksi Lilitan Sekunder sehingga Lilitan Sekunder akan menghasilkan Gaya Gerak Listrik (GGL).