Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T19:37:13+07:00
Bagi belanda
1. 
Memberikan keuntungan yang sangat besar kepada kaum swasta Belanda dan pemerintah kolonial Belanda.
2.
Hasil-hasil produksi perkebunan dan pertambangan mengalir ke negeri Belanda. Pada tahun 1870 luas tanah di pulau Jawa yang ditanami tebu seluas 54.176 bahu, maka dalam tahun 1900 meningkat menjadi 128.301 bahu.
3.  Negeri Belanda menjadi pusat perdagangan hasil dari tanah jajahan.

bagi indonesia

Kemerosotan tingkat kesejahteraan penduduk

Adanya krisis perkebunan pada tahun 1885 karena jatuhnya harga kopi dan gula membawa akibat buruk bagi penduduk.
 
Uang sewa tanah dan upah pekerja menurun.Menurunnya konsumsi bahan makanan, terutama beras, sementara pertumbuhan penduduk Jawa meningkat cukup pesat
.
Menurunnya usaha kerajinan rakyat karena kalah bersaing dengan banyak barang-barang impor dari Eropa.

Pengangkutan dengan gerobak menjadi merosot penghasilannya setelah adanya angkutan dengan kereta api.

Rakyat menderita karena masih diterapkannya kerja rodi dan adanya hukuman yang berat bagi yang melanggar peraturan Poenale Sanctie.

Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus
itu udah ditambahin bagi indonesia
oh iya mksh bnyak :)
2014-04-09T19:42:25+07:00
Akibat Sistem Politik Liberal Kolonial

Pelaksanaan politik liberal membawa akibat sebagai berikut :
1. Bagi Belanda
Memberikan keuntungan yang sangat besar kepada kaum swasta Belanda dan pemerintah kolonial Belanda Hasil-hasil produksi perkebunan dan pertambangan mengalir ke neger Belanda. Negeri Belanda menjadi pusat perdagangan hasil dari tanah jajahan.
2. Bagi Rakyat Indonesia
Kemerosotan tingkat kesejahteraan penduduk. Adanya krisis perkebunan. Menurunnya konsumsi bahan makanan. Menurunnya usaha kerajinan rakyat. Pengangkutan dengan gerobak. Rakyat menderita karena masih menerapkan kerja rodi.