Jawabanmu

2014-04-09T19:19:12+07:00
Cara2 portugid dan belanda menguasai indonesia dg car melakukan adu domba dan memprovokasi serta membangun benteng dan melakukan peperangan
dengan cara berlayar mengawasi perdagangan rempah rempah ,sistem tanam paksa, sistem sewa tanah maaf jika salah
Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T19:26:27+07:00
Ekstirpasi, adu domba (devide et empera), monopoli, kerja paksa (rodi)

semoga membantu :)
1 5 1