Tentukan apakah garam-garam berikut mengalami hidrolisis. Bila ya,nyatakan apakah hidrolisis parsial atau hidrolisis total,bagaimana sifat larutan (bersifat asam atau basa) dan tulislah reaksi hidrolisisnya :
a. Na2CO3
b. (NH4)2SO4
c. Na2S
d. (NH4)2CO3
e. K2SO4
f. Ba(CH3COO)2

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-09T18:31:35+07:00
a) NaOH (basa kuat) + H₂CO₃ (asam lemah) ---> hidrolisis parsial
b) NH₄OH (basa lemah) + H₂SO₄ (asam kuat)  --> (NH₄)₂SO₄ + H₂O  hidrolisis parsial
c) NaOH (basa kuat) + H₂S (asam lemah) --> Na₂S + H₂O hidrolisis parsial
d) NH₄OH (basa lemah) + H₂CO₃ (asam lemah) --> (NH₄)₂CO₃ + H₂O hidrolisis total / sempurna
e) KOH (basa kuat) + H₂SO₄ (asam kuat) ---> K₂SO₄ + H₂O tidak terhidrolisis
f) Ba(OH)₂ (basa kuat) + CH₃COOH (asam lemah) ---> Ba(CH₃COO)₂ + H₂O hidrolisis parsial

7 3 7
2014-04-09T20:52:13+07:00
A.NaOH (B:K) + CH3COOH (A:L) ---> Na2CO3 (g : basa) + H2O (hidrolisis persial)
b.NH4OH (B:L) + H2SO4 (A:K) ---> (NH4)2SO4 (g : asam) + H2O (hidrolisis persial)
c.NaOH (B:K) + H2S (A:L) ---> Na2S (g : basa) + H2O (hidrolisis persial)
d.NH4OH (B:L) + H2CO3 (A:L) ---> (NH4)2CO3 + H2O (hidrolisis total)
e.KOH (B:K) + H2SO4 (A:K) ---> K2SO4 + H2O (nonhidrolisis)
f.Ba(OH)2 (B:K) + CH3COOH (A:L) ---> Ba(CH3COO)2 (g : basa) + H2O (hidrolisis persial)

3 3 3